Cara Pindah WhatsApp ke Hp Baru: Cadangkan & Pulihkan Disini

Cara Menghapus File Sampah di Android Agar Hp Tidak Lemot

Cara menghapus File Sampah di Android Agar Hp Tidak Lemot - File sampah adalah berkas yang tersimpan pada memori smartphone yang terus menumpuk tetapi tidak memiliki manfaat yang berarti.

Sehingga akan membuah HP menjadi lemot dan tidak bekerja optimal.

cara menghapus file sampah dan mengatasi android kehabisan ruang penyimpan dan mempercepat android
Cara Menghapus File Sampah

Cara membuang file sampah di android bisa dilakukan secara manual maupun menggunakan aplikasi pembersih file sampah.

Menggunakan pembersih sampah android terbaik yang ringan bisa dilakukan jika cara manual sudah tidak lagi memuaskan.

Cara Menghapus File Sampah di Android

Membersihkan file sampah di android dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi atau tanpa aplikasi dengan berbagai cara dan trik yang androidepic sudah siapkan.

Anda bisa sesuaikan kebutuhan untuk membersihkan file sampah di android menggunakan aplikasi file explorer premium terbaru tanpa iklan

Androidepic.com akan memberikan beberapa cara, anda bisa menggunakan beberapa cara tersebut untuk menghapus berkas sampah yang membuat hp android lemot.

Cara Menghapus File Sampah Whatsapp Agar Android Kembali Ringan

File instalasinya atau APK hanya sebesar kurang dari 40 MB saja. Namun sepanjang pemakaian, aplikasi yang satu ini cukup menyita banyak ruang.

Bahkan fitur backup yang disediakan oleh WhatsApp dan bekerjasama dengan Google Drive tidak banyak membantu. 

Oleh karena itu penting kiranya kamu mengetahui cara menghapus file besar di WhatsApp dengan cepat dan tentu efektif membuat memori ponsel kamu lebih cepat mendapat ruang kosong.

Cara Menghapus File Sampah di Android Tanpa Aplikasi

Caranya mudah sekali untuk mempercepat hp android yang lemot karena banyaknya file besar yang menumpuk di Whatsapp, ikuti saja langkah-langkah dibawah ini.

  1. Buka Pengaturan > Penyimpanan/Aplikasi.
  2. Akan muncul daftar aplikasi yang terpasang di Hp Android Anda.
  3. Tap aplikasi whatsapp anda.
  4. Klik Clear Cache atau Hapus Cache.

Sebagai catatan, pengguna lebih baik membersihkan cache daripada mempersihkan penyimpanan atau storage karena itu mungkin secara tidak sengaja dapat menghapus file atau data penting sekaligus.

Jangan lewatkan: Cara Mengembalikan File yang Terhapus di HP

Cara membersihkan junk file di android ini sangat mudah, tinggal klik saja bagian Cache. Kemudian setelah muncul konfirmasi klik Yes atau Ya untuk menghapus.

Cara Menghapus File Sampah di Android Pakai Aplikasi

Menggunakan aplikasi penghapus sampah sangat mudah digunakan dan cukup manjur. 

Sebenarnya pembersih sampah otomatis android ini fungsinya hampir sama, tetapi biasanya bisa membersihkan file sampah tersembunyi.

Beberapa rekomendasi aplikasi pembersih sampah di android adalah sebagai berikut:

  1. All-In-One Toolbox - Pembersih Sampah & RAM
  2. CCleaner: Pembersih Memori, Peningkat Ponsel
Penting Untuk di Baca : Jangan sampai malah download aplikasi pembersih sampah yang berat dan menambah kinerja RAM serta memori internal. 

Selain itu pilih juga aplikasi pembersih sampah android tanpa root agar tidak merusak HP.

Cara Mengelola File di Android Agar Tidak Memenuhi Memori

Perangkat Android pengguna mungkin memiliki file yang tidak diinginkan, duplikat, atau kadaluwarsa yang memonopoli ruang penyimpanan.

Manajer file dapat membantu pengguna melihat folder file yang mengambil banyak ruang pada perangkat dan apa isi dari folder tersebut.

Selain itu, beberapa pengelola file dapat membantu pengguna menemukan dan menghapus file yang menghabiskan penyimpanan, seperti file dengan ukuran sangat besar, file duplikat, dan file sampah.

Browser ringan berukuran kecil hanya 2 MB dengan adblock dan juga fitur kecepatan download seperti menggunakan internet download manager (IDM) adalah yang kamu butuhkan.

Sekarang ini banyak web browser mobile yang memberikan fitur lebih untuk kenyamanan penggunanya. seperti web browser ringan, cepat, ukuran file yang kecil.

Gunakan Kartu MicroSD
Jika pengguna masih membutuhkan lebih banyak ruang kosong, pengguna dapat menggunakan kartu microSD untuk memberikan ruang penyimpanan ekstra.

Sayangnya, tidak semua smartphone kekinian dilengkapi dengan slot kartu microSD.

Jika ponsel pengguna masih menyediakan slot kartu, pengguna dapat memanfaatkannya sebagai penyimpanan internal atau portabel.

Jika kartu penuh, sambungkan ponsel ke komputer untuk memindahkan file di kartu.

Berkas sampah Android bisa memberatkan RAM dan Memori internal sehingga menyebabkan HP lemot. Cara ini bisa kamu terapkan untuk HP apa saja seperti untuk folder sampah Asus, Xiaomi, Samsung, Sony, Oppo dan lain sebagainya.

Begitulah tutorial cara menghapus file sampah di android untuk mempercepat kinerja hp sehingga tidak lemot, apalagi saat digunakan untuk bermain game.