Cara Pindah WhatsApp ke Hp Baru: Cadangkan & Pulihkan Disini

Cara Pakai Aplikasi Tiktok Untuk Promosi Jualan

Cara Pakai Aplikasi Tiktok Untuk Promosi Jualan - Kamu tahu tidak? Sebelum Tik Tok hype kembali seperti sekarang, sudah ada banyak sekali praktisi digital marketing yang memprediksi kejayaan aplikasi ini di 2020. Kamu sendiri gimana? punya Tik Tok nggak?


Kalau kamu belum punya, boleh banget gunakan Tik Tok sebagai salah satu aplikasi penunjang aktifitas jualan kamu. Bener banget, Tik Tok ternyata bisa kamu gunakan nggak hanya untuk seru-seruan aja.




Cara Pakai Aplikasi Tiktok Untuk Promosi Jualan

Cara Pakai Aplikasi Tiktok Untuk Promosi Jualan
Cara Pakai Aplikasi Tiktok Untuk Promosi Jualan


Tiktok yang dimanfaatkan dengan tepat bisa menjadi sebuah sarana promosi bagi produk atau jasa Anda. Basis pengguna yang sangat banyak bisa menjadi sebuah peluang yang bisa Anda manfaatkan.


Lalu bagaimana cara pakai tiktok untuk promosi promosi bisnis dengan maksimal ? Lantas, apakah tiktok dapat mendukung kegiatan pemasaran dalam suatu bisnis.


Tentu saja pakai tiktok untuk promosi adalah hal yang paling tepat untuk saat ini. Perlu Anda garis bawahi terlebih dahulu, TikTok yang sekarang menjadi salah satu media sosial baru dengan jumlah total pengguna mencapatai 100 juta lebih.


Tentu ini menjadi lahan yang sangat besar untuk memasarkan sebuah produk atau jasa Anda, sekaligus membuka sebuah potensi yang akan memberikan manfaat untuk bisnis Anda.


3 Cara Promosi di Tiktok Paling Ampuh

1. Tentukan Ide konten

Anda bisa melakukan analisa singkat mengenai ide konten seperti apa yang viral di TikTok.
Ide Konten TikTok


Konten yang dibuat dengan matang dan terkonsep akan sangat membantu Anda dalam menjadikan TikTok sebagai media promosi. Anda bisa melakukan analisa singkat mengenai ide konten seperti apa yang viral di TikTok.


Apabila cocok dan sesuai dengan nilai-nilai dari bisnis Anda, tidak ada salahnya anda jadikan sebagai referensi dalam membuat konten. Istilahnya kita amati, tiru lalu kita modifikasi.


2. Ikuti Tren di TikTok dan Buat Konten Seru

Amati tren hastag yang sedang ramai digunakan oleh pengguna
Trending di TikTok


Amati tren hastag yang sedang ramai digunakan oleh pengguna, seperti halnya tren di internet tren hastag di tiktok cepat mengalami perubahan.


Maka dari itu Anda harus tetap uptodate dan melakukan penyesuai dengan tren yang sedang ramai. Adaptasi ciri khas bisnis online Anda kedalam setiap konten yang anda buat dengan versi yang lebih baru.


Konten yang menarik otomatis akan menarik banyak calon pelanggan baru yang datang dan meng-klik tombol follow akun bisnis online Anda.


3. Tarik Follower untuk Berkomentar di Post Anda

Tarik Follower untuk Berkomentar di Post Anda
Tarik Follower untuk Berkomentar di Post Anda


Ajakan berkomentar, menyukai, bahkan mengikuti Anda akan membantu akun TikTok anda tetap hidup dan mudah dicari oleh pemasaan Anda. Karena TikTok mendukung yang namanya frequent user engagement.


Semakin banyak interaksi yang dilakukan, semakin baik bagi akun dan citra brand bisnis online Anda. Salah satu caranya adalah dengan posting komentar.


Bangun percakapan di kolom komentar dengan calon konsumen Anda. TikTok mengurutkan komentar berdasarkan jumlah likes. Maka dari itu, pikirkan dengan matang komentar Anda supaya percakapan tetap menarik dan bermakna.


Kesimpulan - Pakai TikTok Untuk Promosi Produk atau Jasa


TikTok sebagai media iklan bukanlah yang aneh, banyak faktor yang bisa menjadikan TikTok pilihan yang tepat sebagai tempat promosi bisnis. Manfaatkan tips dan trik di atas untuk bisa memaksimalkan potensi dari TikTok sebagai media promosi.



Jika Anda sudah memahami manfaat menggunakan tiktok untuk promosi bisnis Anda, sekarang saatnya untuk mencoba download aplikasi tiktok terbaru dan mulai mencoba cara promosi produk di TikTok.


Cara Mudah Bikin Akun TikTok

Berikut langkah atau cara yang perlu Anda lakukan untuk bergabung dengan platform populer tersebut.
Cara Mudah Daftar TikTok


Berikut langkah atau cara yang perlu Anda lakukan untuk bergabung dengan platform populer tersebut.


  1. Download Aplikasi TikTok Terbaru dari Play Store ataupun App Store.
  2. Buat akun dengan mengisi informasi akun yang terdapat pada formulir dan kemudian daftarkan. Atau gunakan akun media sosial kalian untuk daftar akun TikTok.
  3. Atur profil akun Anda dengan mengetuk ikon Me di sudut kanan bawah layar dan pilih menu edit profil.
  4. Pilih gambar atau video sebagai avatar profil dengan menekan tanda tambah pada lingkaran kecil yang tersemat di bagian atar layar pada menu profil.
  5. Ubah nama akun profil Anda, karena pertama kali membuat akun, TikTok akan secara otomatis memilihkan rangkaian nama akun anda terdiri dari nomor dan angka sebagai nama akun.
  6. Anda juga dapat menautkan akun media sosial lain di kolom profil.
  7. Tekan ikon Tambah atau + di tengah jajaran menu di bawah layar untuk mulai menciptakan konten karya Anda.


Sekarang akun sudah siap untuk mulai membuat konten mengenai bisnis yang ingin anda promosikan.


Cara Membuat Video di TikTok


Setelah akun TikTok jadi, sekarang tentu Anda juga ingin tahu bagaimana caranya membuat video di TikTok, apa saja tahapannya.


  1. Jalankan aplikasi TikTok seperti sebelumnya, kemudian tap ikon plus yang berada di posisi paling tengah. Sobat akan dihantarkan ke jendela kamera seperti screenshot di bawah ini.
  2. Step awal untuk membuat video di TikTok yang tidak boleh terlewati adalah mengatur audionya terlebih dahulu. Perhatikan di sisi atas, ada tombol dengan label Sounds. Tap saja dengan jari.
  3. Maka akan muncul jendela baru yang menampilkan ragam audio dengan pilihan genre, efek dan juga durasi. Pilih salah satu, kemudian tap tanda centang berwarna merah di sisinya. Aplikasi akan loading sebentar untuk menambahkan suara latar ke dalam jendela kamera.
  4. Nah, sekarang kalau sobat perhatikan tombol yang tadinya berlabel Sounds, sekarang sudah berganti menjadi judul audio yang Anda pilih sebelumnya. Barulah, setelah itu Anda terapkan hal-hal lain, itupun tidak harus, hanya bersifat opsional.
  5. Misalnya, Anda bisa menggunakan filter untuk efek yang berbeda dari biasanya. Tambahan-tambahan semacam ini sifatnya opsional dan tergantung selera masing-masing.
  6. Di salah satu menu di jendela kamera ini bahkan bisa didapati fitur timer yang akan sangat berguna jika sobat merekam video seorang diri. Timer akan memberi waktu jeda sampai Anda dalam posisi siap untuk direkam.
  7. Opsi lain untuk membuat video di TikTok adalah dengan mengunggah atau upload dari galeri. Bisa ya? O bisa!
  8. Dalam posisi jendela kamera terbuka, di sebelah kanan tombol shutter ada satu tombol lain yang bisa ditap akan membuka jendela galeri. Dari sana, sobat bisa upload video yang direkam sebelumnya, bisa dari hasil editing atau sumber lainnya.
  9. Setelah video yang akan diunggah dipilih, tap tombol Next.
  10. Tunggu beberapa saat sampai video selesai diproses.
  11. Sampai di tahapan ini, Anda sudah bisa menambahkan efek, audio, coretan dan lain sebagainya ke dalam video. Apabila sudah, tap tombol Next lagi.
  12. Beri caption yang mewakili video tersebut, tambahkan juga hashtag dan mention teman jika perlu. Atur juga beberapa opsi privasi seperti dukungan komentar, duet, react dan ketersediaan tombol download. Terakhir, tap tombol Post.


Cara Berjualan di TikTok

Bagi Anda yang memiliki bisnis dan ingin mencoba TikTok untuk memasarkan produk jualan, ada beberapa tips promosi produk bisnis di TikTok pada ulasan berikut ini yang telah androidepic.com rangkum dari berbagai sumber.


Jadikan Akun Bisnis TikTok yang Anda Miliki


Agar terlihat lebih professional, Anda wajib menggunakan akun bisnis di aplikasi TikTok. Berikut beberapa tahapan membuat akunnya:


  1. Unduh aplikasi TikTok di Google Play untuk pengguna Android dan App Store TikTok untuk pengguna iOs.
  2. Daftar akun menggunakan data bisnis, mulai dari email, nama akun sesuai dengan nama toko, dan lainnya.
  3. Alihkan ke akun bisnis dengan cara:
  4. Klik ‘Saya’.
  5. Klik tanda titik tiga yang ada di pojok atas.
  6. Klik ‘Kelola Akun Saya’.
  7. Klik ‘Alihkan ke Akun Bisnis’.
  8. Pilih kategori bisnis yang sesuai.
  9. Edit profil, mulai dari memasang foto akun yang menarik dan isi bio dengan keterangan bisnis yang lengkap.
  10. Tambahkan link jualan Anda di e-commerce.


Setelah semua tips, trik dan cara pakai aplikasi TikTok untuk promosi sekarang anda tinggal eksekusi dan mulai mencoba membuat konten promosi menarik di TikTok. 


Manfaatkan popularitas aplikasi ini membuat bisnis jadi lebih viral dan banyak yang order produk jualan sehingga mendapatkan untung berkali-kali lipat.