Pengertian, Fungsi Intent di Android Studio

Pengertian, Fungsi Intent di Android Studio - Intent adalah sebuah pesan objek yang berguna untuk meminta interaksi kepada komponen lain, terdapat dua jenis intent, Implicit dan Explicit disini akan admin bahas lengkap.

Berjumpa lagi dengan admin android epic, sampai disini kita sudah mempelajari dasar pemrograman java untuk membuat aplikasi di android studio.

 Intent adalah sebuah pesan objek yang berguna untuk meminta interaksi kepada komponen lain, terdapat dua jenis intent, Implicit dan Explicit disini akan admin bahas lengkap.
Pengertian, Fungsi Intent di Android Studio

Pada pembahasan sebelumnya bagaimana aplikasi android hitung volume balok kalian apakah berjalan lancar?

Untuk kalian yang belum mengetahui source code aplikasi android sederhana menggunakan android studio silahkan baca: Cara Membuat Aplikasi Android Sederhana di Android Studio.

Nah pada kesempatan ini kita akan belajar Intent di Android Studio. pada artikel sebelumnya admin pernah menyinggung sedikit mengenai Intent ini.

Apa itu Intent?


Intent adalah sebuah class didalam pemrograman Android yang berguna untuk berpindah halaman baik keluar aplikasi maupun didalam aplikasi itu sendiri.

Intent itu sendiri sebuah object bertipe android.content.Intent.

Jadi, jika kalian ditanya apa itu Intent, menurut mudahnya admin akan menjawab. Sebuah kelas object yang dapat berkomunikasi dengan activity lainnya atau lebih sederhanya Activity yang dapat memanggil Activity lainnya baik dari dalam aplikasi maupun keluar aplikasi.

Jenis intent di dalam pemrograman android terbagi menjadi dua yakni intent implicit dan intent explicit, untuk detail dari masing-masing intent sebagai berikut:

Apa itu Intent Explicit

Intent Explicit adalah jenis intent yang berguna untuk menjalankan sebuah komponen dari dalam aplikasi atau komponen yang berada dalam satu package.

Intent Explicit dapat bekerja dengan memanggil nama class yang dituju, misalkan "com.bismalabs.activity.DetailActicity" metode ini digunakan untuk memanggil komponen yang berada dalam satu package.

Alasan mengapa Intent ini disebut Intent Explicit? Hal ini karena fungsi utama dari Intent ini sendiri jelas (Explicit), contoh kasus dari MainActivity menuju DetailActivity.

Perhatikan gambar berikut untuk lebih mudah memahami:

 Intent Explicit adalah jenis intent yang berguna untuk menjalankan sebuah komponen dari dalam aplikasi atau komponen yang berada dalam satu package.
Contoh Intent Explicit

Berikut ini contoh kode Intent Explicit dari gambar diatas:

Bagaimana mudah untuk memahaminya bukan? masih kurang satu lagi nih untuk jenis intent selanjutnya yakni Intent Implicit.

Apa itu Intent Implicit?

Intent Implicit adalah intent yang memanggil fungsi activity yang sudah terpasang didalam sistem android seperti Open Browser, Share Sosial Media, Dial Number, Messaging dan lain sebagainya.

Lebih mudah untuk difahami intent implicit ini diperuntukan untuk menjalankan fitur dari komponen lain yang ada di sistem.

Sebagai contoh ketika kita ingin membuat story gambar di Whatsapp maka terdapat pilihan apakah menggunakan kamera langsung atau memilih foto yang sudah ada didalam galeri.

Lantas mengapa Intent ini disebut Intent Implicit? Hal ini dikarenakan tujuan dari kelas ini masih belum jelas (implicit), misalkan kita ingin membagikan foto maka Intent Implicit akan dipanggil dan menampilkan banyak opsi kemana foto ini akan dibagikan, facebook, twitter, whatsapp atau lainnya menyesuaikan dengan aplikasi dan komponen bawaan dari Android.

Perhatikan gambar berikut:

Intent Implicit adalah intent yang memanggil fungsi activity yang sudah terpasang didalam sistem android seperti Open Browser, Share Sosial Media, Dial Number, Messaging dan lain sebagainya.
Contoh Intent Implicit

Bagaimana sangat mudah bukan untuk memahami hirarki dari Intent Implicit ini, untuk contoh kode java dari intent implicit sebagai berikut:



Bagaimana sudah memahami Intent ini dengan baik? sekarang kita coba untuk membuat sebuah intent dalam sebuah aplikasi sederhana.

Buat satu project baru, tidak tahu bagaimana cara membuat sebuah project di android studio, mari pelajari kembali Cara Membuat Aplikasi Android Sederhana di Android Studio.

Contoh Intent Implicit


Buatlah layout dengan menambahkan 2 Tombol dengan ketentuan sebagai berikut:


  • Button 1 dial number.
  • Button 2 untuk membuka browser.


Activity_main.xml


Untuk memberikan fungsi pada tombol dial number dan membuka browser, buat dua fungsi didalam clas MainActivity.

MainActivity.java


Jika mainactivity.java tidak ada error selanjutnya kalian atur AndroidManifest.xml untuk mengaktifkan permission fitur dial number dan internet.

AndroidManifest.xml


Test Aplikasi

Contoh sederhana membuat Intent Implicit dan Intent Explicit
Belajar Intent - badoystudio

Cobalah untuk menekan masing-masing tombol dan amati interaksi yang ditampilkan sistem.

Kesimpulan

Pada artikel ini kalian sudah faham tentang pengertian Intent, jenis Intent Implicit dan Explicit sekaligus fungsi Intent itu sendiri.

Kamu bisa lebih mendalami lagi apa itu Intent dari dokumentasi Android, Mengerti bagaimana intent bekerja sangat penting.

Saat kamu membuat berbagai aplikasi, kamu akan menemui berbagai jenis intent dan berbagai cara menggunakannya.

Untuk lebih jauh kamu akan belajar Pengertian, Fungsi dari Fragment di Android Studio.

Terimakasih untuk kalian yang sudah mampir dan semoga ilmunya bermanfaat.
LihatTutupKomentar
Cancel