Belajar Menggunakan Android Studio Untuk Pemula

androidepic.com situs belajar android pemula, di tempat ini kamu bisa dapatkan tutorial belajar android terbaru dengan android studio. Mulai dasar-dasar android, desain UI dan juga membuat aplikasi android sederhana.

Halo semuanya, selamat datang kembali di situs androidepic.com situs download apk & game mod terbaru. Yah, seperti tagline yang sudah admin buat seharusnya pembahasan mengenai belajar android tidak tepat untuk tagline blog ini.

Oke, lain waktu akan admin perbaiki menjadi lebih pas dengan konten seputar android baik dari donwload apk, game mod dan juga belajar pemrograman android.

androidepic.com situs belajar android pemula, di tempat ini kamu bisa dapatkan tutorial belajar android terbaru dengan android studio. Mulai dasar-dasar android, desain UI dan juga membuat aplikasi android sederhana.
Belajar Menggunakan Android Studio Untuk Pemula

Nah, pada kesemapatan kali ini admin akan mengkhususkan label coding ini akan berisi tutorail belajar coding android bagi pemula. Sebab admin sendiri basicnya web developer, menulis tutorial android sebagai sampingan saja.

Bagi kalian yang baru mau belajar Android, mulailah dari sini, karena tutorial-tutorial di sini adalah tutorial basic atau dasar yang ditujukan untuk pemula.

Perlu kalian ketahui untuk membuat aplikasi android kalian perlu menginstall aplikasi android studio sebagai texteditor, untuk kalian yang belum mengetahui Apa itu android studio? inilah ulasan lengkapnya.

Belajar Coding Android Pemula Bahasa Indonesia


Untuk langkah yang pertama kali, kalian harus menjalan Android Studio di kompuetr/laptop kalian. Untuk tampilan awal dari aplikasi Android Studio adalah seperti berikut:

androidepic.com situs belajar android pemula, di tempat ini kamu bisa dapatkan tutorial belajar android terbaru dengan android studio. Mulai dasar-dasar android, desain UI dan juga membuat aplikasi android sederhana.
Belajar Android Studio Untuk Pemula

Dan untuk memulai membuat sebuah project baru kalian bisa klik bagian "Start a new Android Studio project".

Pilih template project yang ingin kalian gunakan, terdapat banyak pilihan untuk memulai project android kalian, dan juga sesuaikan dengan perangkat yang akan digunakan untuk menjalankan aplikasi android yang kalian buat.

Didalam tampilan ini kalain bisa memilih template dan device yang kalian gunakan, sesuaikan dengan kebutuhan kalian.

Setelah kalian tentukan, langkah selanjutnya yakni kalian tentukan nama aplikasi, paket name, lokasi menyimpan project android studio kalian dan juga bahasa yang kalian gunakan bisa java secara default atau menggunakan kotlin. Untuk tampilan proyek aplikasi android kalian adalah seperti ini.



pada bagian struktur proyek didalam aplikasi android studio terbagi menjadi beberapa bagian seperti:


  1. Android Manifest
  2. Java
  3. GeneratedJava
  4. Res
  5. Gradle Scripts


Dimasing-masing bagian ini akan kita bahas detail dan mudah untuk kalian fahami, karena disini admin juga sedang belajar.

1. Android Manifest

Android Manifest adalah satu satu folder yang selalu ada didalam sebuah proyek Android, yang mana Manifest akan memberikan berbagai informasi penting kepada sistem android. Sistem perlu mengetahui apa yang akan digunakan oleh aplikasi sebelum mulai dijalankan.

Jika kalian buka isi dari AndroidManifest.xml kalian akan menemui struktur kode pemrograman xml yang berisi informasi penting seperti:


  • Nama Package


Nama Package adalah berisi identitas dari sebuah aplikasi android, yang mana nama paket ini untuk membedakan identitas aplikasi kita didalam Google Play Store.


  • Komponen Aplikasi


Didalam bagian ini berisi tag <application>, ia berfungsi sebagai penamaan kelas yang mengimplementasikan seluruh komponen yang ada didalamnya. seperti inter-filter, activity, service, receiver.


  • Permision


Nah, pada bagian permission ini kalian dapat memberikan akses kepada aplikasi untuk dapat terhubung dengan komponen lain seperti internet, external storage, contact dan juga aplikasi lainnya.

2. Java

Salah satu folder yang memuat source code yang kalian tulis baik dalam bahasa java atau kotlin yang dimuat dalam class Activity.

3. GeneratedJava

Didlam folder ini berisikan hasil generate library atau sebuah kelas dari proyek android kalian.

4. Res

Didalam folder Res/Resource ini banyak file xml yang dimuat didalam folder sesuai struktur dari proyek android, seperti:


  • Drawable

Untuk menyimpan berkas gambar maupun ikon.

  • Layout

Salah satu folder yang sering dipakai untuk berkas desain aplikasi.

  • Mipmap

Untuk menyimpan logo dalam berbagai dimensi.

  • Values

Berisi berbagai macam sumber data, seperti colors.xml untuk warna, strings.xml untuk teks, dimens.xml untuk ukuran, dan styles.xml untuk membuat style atau template.

5. Gradle

Gradle adalah open source build automation system yang berguna untuk mengautomatisasi proses pembuatan aplikasi (compile) dimana proses-proses terkait lainnya seperti compile source code menjadi binary code, packaging binary code dan lain sebagainya dilakukan oleh Gradle Scripts ini.

Dengan android studio belajar pemrograman android akan sangat dimudahkan karena banyak fitur yang ada didalamnya untuk kalian yang belum tau aplikasi untuk membuat apk androi langsung saja baca Apa itu Android Studio, IDE Wajib Bagi Developer Android. Selain itu tersedianya banyak template yang sesuai update akan sangat memudahkan kita untuk mencari sample code yang bebas kita gunakan dan manfaatkan untuk kebutuhan belajar atau membuat aplikasi Android.
LihatTutupKomentar