Setting Penyimpanan Hasil Download Langsung ke SD Card

3 February 2019

Cara Setting Hasil Download Ke Memori Eksternal Tanpa Aplikasi

Halo guys selamat datang kembali di androidepic.com, sekarang ini banyak hp android yang menggunakan sistem penyimpanan internal sebagai penyimpanan utama.

Banyak keluaran hp android baru yang memberikan kapasitas yang cukup lumayan untuk penyimpanan internal mereka, untuk hp yang dikisaran harga 1.5 juta hingga 2 jutaan sudah dibekali penyimpanan internal yang cukup lumayan besar.

Standardnya sih 16 Giga seperti hp penulis xiaomi redmi 5A yang seharga Rp. 1.400.000 dengan slot external untuk micro SD, dengan penyimpanan 16 Giga tersebut saya sering mengalami kekurangan penyimpanan, apalagi ketika download aplikasi ataupun untuk menyimpan sebuah dokumen.

Sering kali penulis jengkel dengan notifikasi "Beberapa aplikasi tidak bisa berjalan karena memori penyimpanan penuh". nah untuk masalah seperti ini penulis sudah menemukan bagaimana solusi yang tepat untuk menangani masalah tersebut guys.

Cara Setting Hasil Download Ke Memori Eksternal Tanpa Aplikasi


Cara yang berikut ini menjadi primadona bagi pengguna hp android yang memiliki penyimpanan internal sangat minim misalnya cuma 8 Giga saja. Namun sekarang ini siapa sih yang masih pakai hp dengan kapasitas penyimpanan yang sedikit banget.

Hehe tidak ada salahnya bagi penulis mengenai berapapun penyimpanan internal di hp kalian guys yang terpenting penulis tetap memberikan bagaimana caranya agar hasil download langsung tersimpan ke memori eksternal.

Cara yang paling mudah dilakukan, kalian cukup membuka menu Pengaturan > Penyimpanan. setelah itu pilih penyimpanan default untuk Kartu SD.

Cara yang paling mudah dilakukan, kalian cukup membuka menu 

Perlu Diketahui

Sebenarnya guys untuk pengaturan penyimpanan otomatis dengan merubah memori eksternal menjadi default penyimpanan tersebut berlaku pada hp android kalian dengan versi android 4.4.4 KITKAT.

Nah sedangkan untuk hp sekarang ini sudah banyak versi android terbaru yang terpasang maka model pengaturan tersebut sudah banyak di tiadakan, namun tidak menutup kemungkinan masih ada pengaturan tersebut guys.

Seperti yang ada di hp penulis ini guys, Redmi 5A dengan versi Android Liquid OS.

1. Buka menu pengaturan, lalu pilih menu penyimpanan.
2. Pilih penyimpanan Sdcard1, lalu tekan opsi yang ada di pojok kanan atas > Setelan Penyimpanan.
Cara yang paling mudah dilakukan, kalian cukup membuka menu

3. Setelah kalian klik setelan penyimpanan, gambar dibawah ini akan muncul lalu klik saja "Format sebagai internal" maka secara otomatis penyimpanan akan berpindah pada penyimpanan eksternal.

Cara yang paling mudah dilakukan, kalian cukup membuka menu

Jika pengaturan seperti yang diatas tidak dapat kalian temukan pada hp android kalian, maka cara yang selanjutnya pasti bekerja dengan baik di hp android kalian guys, tinggal kalian mempraktekannya saja.

Baca :
Cara Memasukan IMEI Yang Hilang Setelah Hp Di Root
Aplikasi Edit Video Android Terbaik di Playstore Untuk Youtuber Pemula 

Setting Hasil Download Langsung Tersimpan di Memori Eksternal dengan Aplikasi

Rasanya pas sekali jika kalian sudah mampir ke blog ane dan menemukan artikel ini, berarti masalah yang kalian hadapi sekarang sudah pernah penulis alami, sebab penulis sudah mengabadikannya dengan tulisan ini dan sekaligus memberikan penawarnya kepada kalian.

Cara agar hasil download kalian langsung tersimpan didalam memori external secara otomatis tanpa ribet memindahkan terlebih dahulu dahulu. Persiapan yang harus kalian lakukan guys.

1. Download aplikasi Advanced Download Manager di Playstore yang dirilis oleh DiamonVideo.

Aplikasi setting penyimpanan file ke sd card otomatis

2. Setelah berhasil didownload langsung buka aplikasinya lalu pilih menu pengaturan guys.

Aplikasi setting penyimpanan file ke sd card otomatis

3. Pilih menu Unduhan > lalu klik menu Folder file Unduhan, setelah itu ubah dengan letak folder dari penyimpanan eksternal kalian guys seperti pada gambar berikut:

Aplikasi setting penyimpanan file ke sd card otomatis


Setelah kalian setting menjadi /Storage/Emulated/0/nama_folder. Setelah kalian ikuti panduannya tersebut, cobalah sekali untuk melakukan download gambar lalu cek apakah letak penyimpanan sudah benar atau belum. Jika masih belum benar coba setting letak penyimpanannya guys.


Itulah tadi pembahasan mengenai bagaimana cara mengatur penyimpanan hasil download langsung ke memori eksternal di android.

Perlu kalian ketahui guys di playstore banyak sekali aplikasi yang serupa untuk memindahkan dokumen yang didownload langsung tersimpan di SD card, namun penulis memberikan saran dengan aplikasi Advance Download Manager ini karena kelebihan aplikasi yang hanya 3 MB saja guys jadi terlalu banyak memakan tempat di penyimpanan internal kalian.

Sekian terima kasih, jangan lupa tinggalkan komentar yah di kolom kometar guys. saran dan kritikan kalian sangat penulis butuhkan untuk perkembangan blog penulis.

Comments 0