Cara Pindah WhatsApp ke Hp Baru: Cadangkan & Pulihkan Disini

Cara Menghentikan Penyadapan HP Android dan Ketahui Cirinya

Cara Menghentikan Penyadapan HP Android dan Ketahui Cirinya - Cara penyadapan bisa dengan menyusupkan sebuah file jahat kedalam aplikasi yang terpasang di Android. Ketahu ciri dan cara menghentikan penyadapan Hp Android.

Semakin berkembangnya teknologi hp android saat ini menjadikan arus informasi yang begitu cepat sehingga sulit sekali untuk dihindari. Berbicara mengenai arus informasi sangat mudah sekali saat ini untuk mendapatkan suatu informasi yang tersebar di internet.

Contohnya saja di sosial media, banyak sekali orang-orang yang dengan tenang dan mudahnya mengunggah hal-hal yang bersifat pribadi yang seharusnya tidak menjadi konsumsi publik.

Hal inilah yang harusnya menjadi kewaspadaan bagi kita karena dengan informasi yang kita unggah di dunia maya, malah menjadi celah bagi orang jahat untuk melakukan penyadapan informasi kepada kita.

Penyadapan yang terjadi pada perangkat android. apakah android kalian sedang disadap atau tidak dapat terlihat dari beberapa ciri ini

Nah, pada kali ini penulis ingin membahas mengenai penyadapan yang terjadi pada perangkat android. Pemantauan aktivitas seseorang secara rahasia yang dilakukan dengan bantuan internet oleh pihak ketiga.

Dengan melakukan penyadapan ini pihak yang tidak bertanggung jawab dapat mengetahui informasi-informasi dari target yang disadap.

Untuk itu perlu diketahui guys, apakah android kalian sedang disadap atau tidak dapat terlihat dari beberapa ciri ini, berikut Cara Mengetahui HP Android Disadap dan Cara Menghentikan Penyadapan.

Cara Mengetahui HP Android Disadap

1. Ada Aktivitas Mencurigakan dari Aplikasi yang Kamu Gunakan


Ada Aktivitas Mencurigakan dari Aplikasi yang Kamu Gunakan

Yang pertama nih guys, jika kalian menggunakan beberapa aplikasi yang terkadang bisa berjalan sendiri meskipun kamu tidak sedang menjalankannya.

Bahkan lebih parah lagi androidmu terkadang bisa restart sendiri, mati sendiri dan menyala sendiri padahal sedang tidak ada aktivitas yang kamu lakukan.

2. Aplikasi yang Membawa Virus Berbahaya Didalamnya


Aplikasi yang Membawa Virus Berbahaya Didalamnya

Patut kalian waspadai nih, saat kalian install aplikasi dari sumber yang tidak dikenali seperti hasil download apk, ataupun bertukar aplikasi dari satu hp ke hp yang lain. 

Ketika kalian install aplikasi dari sumber selain playstore ataupun penyedia aplikasi terpercaya lainnya, bisa jadi terdapat malware yang dapat mencuri informasi-informasi penting dari hpmu, termasuk chat, panggilan telepon maupun transaksi keuanganmu.

3. Banyak Pesan Masuk Dengan Kode-kode Aneh


Banyak Pesan Masuk Dengan Kode-kode Aneh

Jika belakangan ini kalian banyak menerima pesan masuk dengan format teks yang aneh berisi kode terdiri dari angka, huruf, dan simbol patut kalian curigai guys, apalagi sumber pesan tersebut tidak kalian kenali.

Selain itu kalian juga harus mewaspadai pesan yang berisi perintah atau dorongan untuk melakukan suatu hal, seperti pada gambar diatas.

Jika ciri-ciri diatas kalian sering alami, maka perlu diwasapadai guys kemungkinan besar hp kamu telah disadap orang lain. Nah bagi kalian yang tidak ingin hp nya disadap sebaiknya lakukan beberapa pencegahan berikut ini.

Cara Menghentikan Penyadapan di Android

1. Teliti Kembali Aplikasi Aneh dan Berbahaya

Penyadapan yang terjadi pada perangkat android. apakah android kalian sedang disadap atau tidak dapat terlihat dari beberapa ciri ini

Munculnya penyadapan di hp android ini terjadi karena ada aplikasi yang memberikan akses kepada perangkat lain untuk mengumpulkan informasi yang didapat dari aplikasi lain seperti masengger, whatsapp dan aplikasi komunikasi lainnya.

Bisanya aplikasi ini bisa menjalankan beberapa aplikasi sekaligus dalam satu platform, misalnya ada satu aplikasi yang dapat memuat aplikasi lain seperti wa, instagram, line menjadi satu aplikasi.

2. Tinjau Pemberian Izin Aplikasi Kepada Perangkat

Tinjau Pemberian Izin Aplikasi Kepada Perangkat

Ini yang terkadang dilupakan pengguna ketika menginstall aplikasi, ketika ada permintaan izin akses aplikasi kepada perangkat tidak begitu diperhatikan. Biasanya aplikasi dari "sumber yang tidak dikenal" diluar playstore akan meminta akses ke beberapa aplikasi, seperti Galleri, Pesan, Panggilan, Kamera ataupun yang lainnya.

Hal ini akan dijadikan kesempatan aplikasi penyadap untuk mengumpulkan informasi dari target yang akan disadap.

3. Biasakan Membersihkan Cache dan Pesan yang Sudah Dibaca

Penyadapan yang terjadi pada perangkat android. apakah android kalian sedang disadap atau tidak dapat terlihat dari beberapa ciri ini

Ini menjadi upaya yang sangat penting sekali untuk dilakukan dan dibiasakan, dengan menghapus cache dan pesan yang sudah dibaca. Otomatis kita akan meminimalisir terjadinya pengumpulan informasi yang sebenarnya kita sudah tidak lagi membutuhkannya.

Jangan sampai data yang sudah tidak terpakai ini menjadi ruang penjahat untuk menyisipkan pesan-pesan yang dapat menjadi pintu masuk untuk mereka melakukan kejahatan. Waspadai dengan aplikasi yang terpasang di hp android kalian bernama app smartlog.

Itulah tadi pembahasan mengenai Cara Mengetahui HP Android Disadap dan Cara Menghentikan Penyadapan yang sebaiknya kalian fahami dan waspadai karena tetap keamanan adalah prioritas pertama yang harus kalian terima.

Sekian dari penulis, apabila masih banyak kekurangan dalam penulisan. Berikan tanggapan kalian pada kolom komentar, karena saran dan kritikan kalian sangat berarti bagi penulis.

Terima kasih.