Perbedaan Fastboot ROM dan Recovery ROM di Android | Android Epic - Situs Download Aplikasi dan Game Android Mod Apk Terbaru

27 January 2019

kali ini kita ingin bahas perbedaan fastboot ROM dan recovery ROM di Android ?

Bagi kalian yang suka dengan aktivitas otak-atik android, pasti tidak jarang lagi melakukan flashing, fastboot dan juga recovery.

Saat melakukan proses-proses ini pasti kalian sudah mahir, apalagi yang kalian otak-atik HP Android yang lagi trend di asia seperti produk Xiaomi.

Yah nggak selalu juga produk xiaomi sih, tapi kebanyakan pengembang Android khususnya bersifat opensource seperti custom ROM pasti faham betul teknik-teknik untuk flashing, fastboot dan juga recovery.

Sebelumnya perlu kita ketahui, dua alat ini merupakan tools dasar yang memiliki kesamaan fungsi, yakni ketika kalian mengalami error atau kerusakan pada sotware atau karena kesalahan saat kalian otak-atik.

Tapi kali ini kita ingin bahas perbedaan fastboot ROM dan recovery ROM di Android ?

Pengertian Fastboot di Android


Fastboot adalah tools yang ada didalam Android Software Development Kit (SDK), alat ini berguna sebagai jalur penghubung antara paket SDK dengan sistem Android yang dimodifikasi melalui sambungan USB ke komputer.

Pengertian Recovery di Android


Recovery adalah wadah khusus yang berisi

Recovery adalah wadah khusus yang berisi data-data sebagai pemulihan kondisi bawaan sistem. Untuk bawaan standard keluaraan pabrik, recovery hanya sebatas menghapus data dan mengembalikan semua settingan menjadi default.

Untuk mendapatkan fitur yang lebih, kalian bisa memanfaatkan TWRP (Tem Win Recovery Project) atau kalian kurang familiar dengan TWRP bisa menggunakan CWM (ClockworkMod).

Perbedaan Fasboot dan Recovery Sistem Android

Secara teknik kedua alat ini sama, namun ada sedikit perbedaan antara keduanya. Fastboot memperlukan sebuah komputer atau Laptop untuk melakukan proses perbaikan sistem.

Namun untuk Recovery tidak membutuhkan Komputer atau Laptop cukup dengan mengikuti perintah dibawah ini.

Cara Masuk Recovery Mode di Android

Untuk versi Android Lollipop atau Marsmallow

  1. Tekan tombol Power dan  tombol Volume Up bersama-sama tahan beberapa detik hingga muncul logo merek produk HP.
  2. Lepaskan tombol Power, namun tetap dalam keadaan menahan tombol Volume Up hingga muncul logo android.
  3. Tekan tombol Volume Down untuk memilih masuk ke dalam recovery mode.
  4. Gunakan tombol Volume Up untuk beralih menu dan Volume Down untuk memilih menu
  5. Jika kemudian muncul “No Command”, tekan tombol Power, tombol Volume Up, dan tombol Volume Down secara urut.
Bagaimana sudah berhasil coba masuk recovery mode di hp android kalian ?

Nah itulah tadi pembahasan mengenai perbedaan fastboot ROM dan Recovery ROM di Android, sudah bertambah lagi ilmunya yah setelah mampir di blog ini, Terima kasih.

Comments 0