Cara Pindah WhatsApp ke Hp Baru: Cadangkan & Pulihkan Disini

Gps Android Tidak Bisa Akurat, Bagaimana Cara Mengatasinya | Androidepic.com

Untuk memecahkan permasalahan-permasalahan yang terjadi pada Aplikasi GPS di Android kalian

Global Positioning Sysytem adalah salah satu perangkat yang digunakan untuk menandai, mencari sebuah tempat atau lokasi yang berbasis satelit. GPS ini sudah banyak sekali di terapkan didalam perangkat-perangkat elektronik seperti smartphone, tablet, jam tangan elektrik.

Fungsi GPS sendriri digunakan untuk memudahkan kita dalam sistem navigasi yang mampu memberika informasi mengenai rincian lokasi atau tempat dengan rute dan arah yang tepat.

Seperti yang ada di perangkat Android, layanan GPS bisa digunakan di aplikasi Google Maps, Here Maps dan Waze. Aplikasi-aplikasi tersebut banyak memberikan manfaat bagi pengguna.

Namun permasalahannya banyak aplikasi atau perangkat yang menggunakan GPS tidak bisa akurat dalam memberikan informasi mengenai lokasi.

Pasti kalian pernah mengalaminya saat GPS tidak akurat dalam menentukan lokasi kita, contohnya, ketika kalian berada dirumah namun aplikasi GPS malah menunjukkan keberadaan kalian di sekolah. Sudah pasti masalah ini sangat menjengkelkan, bukan?

Baca :
Cara Melacak Orang Dengan GPS Android
Nah kali ini androidepic akan membahas mengenai permasalahan-permasalahan terkait GPS yang tidak bisa akurat di smartphone Android, Yuk mulai disimak.

Cara Mengatasi GPS Android Tidak Akurat


Untuk memecahkan permasalahan-permasalahan yang terjadi pada Aplikasi GPS di Android kalian, maka kalian harus faham terlebih dahulu, Apa penyebabnya GPS di Android tidak akurat atau tidak berfungsi dengan benar.

Gps Android Tidak Akurat Karena Hardware Bawaan Pabrik


Permasalahan GPS tidak akurat karena hardware menjadi masalah yang paling dasar, sebab GPS  Android tidak akan berfungsi dengan baik jika hardware yang terpasang diandroid memang tidak dapat mendukung tingkat akurasi yang tinggi.

Oleh karena itu spesifikasi hardware ketika membeli perangkat android menjadi patokan yang utama untuk mendapatkan hasil navigasi GPS yang memuaskan.

Baca :
Cara Membuat Pesan Otomatis di Whatsapp Tanpa Aplikasi Tambahan
Cara Mengatasi Hp Xiaomi Cepat Panas Saat Main Game
Cara Memasukan IMEI Yang Hilang Setelah Hp Di Root 

Gps Android Tidak Akurat Karena Firmware Error


Permasalahan umum yang menjadi penyebab kenapa GPS android tidak akurat ialah faktor dari firmware yang terpasang di Android. Oleh karena itu penulis menyarankan agar versi OS android kalian untuk diupdate ataupun diupgrade. Sebab permasalahan seperti ini muncul karena adanya bug pada OS yang kalian gunakan.

Sehingga tidak dapat mendukung perangkat GPS yang tertanam pada komponan smartphone, solusi paling mudah untuk mengatasi hal ini yah dengan cara update atau upgrade sistem saja. Perlu di ketahui permasalahan seperti ini jarang sekali ditemui.

Gps Tidak Akurat Karena Cache Aplikasi


cache aplikasi ini bisa jadi penyebab mengapa GPS berpindah-pindah lokasi

Perlu diketahui cache aplikasi ini bisa jadi penyebab mengapa GPS berpindah-pindah lokasi, padahal sudah disetting dengan tepat. Nah karena masalah cache tersebut GPS biasanya mengambil kordinat terakhir yang ada didalam cache aplikasi GPS. Untuk menjadikan GPS kembali akurat kalian bisa menghapus cache yang ada di aplikasi.

Untuk menghapus cache ini dapat dilakukan dengan cara berikut:

  1. Akses Menu Setting > Apps (Aplikasi).
  2. Pilih aplikasi GPS yang sudah terinstall, misalnya saya menggunakan Google Maps.
  3. Selanjutnya, klik pada bagian Penyimpanan > Hapus Cache.
  4. Tunggu beberapa saat untuk proses penghapusan cache.

Jika proses diatas sudah lakukan dan belum juga menghasilkan kordinat yang akurat untuk lokasi anda, coba cara berikut ini.

Setting GPS Android Untuk Akurasi Tinggi

cara mengaktifkan pelacakan "Akurasi Tinggi" di GPS android

Perangkat Android memiliki pengaturan GPS untuk hasil yang presisi dan terukur dari kordinat yang kalian inginkan, GPS Android akan mencari lokasi berdasarkan jaringan seluler, GPS Satelit dan Jaringan Wifi.

Untuk hasil yang maksimal anda perlu melakukan pengaturan untuk peningkatan keakuratan GPS dengan cara mengaktifkan pelacakan "Akurasi Tinggi". Untuk mengatur GPS akurasi tinggi ini dapat dilakukan dengan cara berikut:

  1. Masuk menu Setting > Keamanan & Lokasi.
  2. Pilih Lokasi > Lalu aktifkan mode akurasi tinggi.
  3. Setelah itu Setting Mode Lokasi > Pilih mode Akurasi Tinggi berdasarkan GPS, WIFI, Bluetooth atau jaringan seluler untuk menentukan lokasi.

Coba lakukan pengecekan untuk deteksi lokasi ataupun mencari rute suatu tempat, apakah hasilnya sudah tepat atau belum, jika sudah tepat selamat GPS android anda sudah berfungsi dengan baik. Namun jika belum maka perlu anda fahami, kemungkinan besar ada karusakan dari segi hardware maupun software.

Sekian terima kasih, jangan pernah sungkan untuk memberikan tanggapan didalam kolom komentar.