Cara Pindah WhatsApp ke Hp Baru: Cadangkan & Pulihkan Disini

Cara Memperbaiki Sistem Android yang Rusak "com.android.phone has stoped"

Pasti suka kesal ketika kalian lagi enak mainan hp lalu tiba-tiba hp kalian error, entah itu karena "Unfortunately the process com.android.phone has stoped", sayangnya aplikasi telah berhenti ataupun karena kegagalan sistem android setelah kalian mencoba mengotak-atik sistem bawaan android.

Pasti suka kesal ketika kalian lagi enak mainan hp lalu tiba-tiba hp kalian error, entah itu karena "Unfortunately the process com.android.phone has stoped", sayangnya aplikasi telah berhenti ataupun karena kegagalan sistem android setelah kalian mencoba mengotak-atik sistem bawaan android.

Selain karena kegagalan sistem, munculnya pesan sayangnya android telah berhenti juga dikarenakan sistem android terkadang tidak dapat mendukung aplikasi yang kalian install guys.

Singkatnya sistem android yang bawaan dari pabrik memiliki spesifikasi terbatas sehingga kalian tidak dapat memaksa kinerja sistem. Jadi kalian juga harus faham dengan spesifikasi hp kalian guys sebab masalah seperti ini kerap kali muncul karena penggunaan RAM berlebih ataupun kapasitas memori internal sudah terlalu penuh.

Baca :
Setting Penyimpanan Hasil Download Langsung ke SD Card

Nah, bagaimana cara memperbaiki sistem android yang rusak "unfortunately" penulis sudah merangkumnya menjadi beberapa bagian tutorial yang dapat kalian coba nih guys.

Cara Mengatasi Aplikasi Android Telah Berhenti


1. Hapus Data Aplikasi yang Mengalami Error

Hentikan Sinkron Otomatis Akun Google dengan Aplikasi

Untuk melakukan penghapusan data aplikasi dapat dilakukan dengan cara berikut, penulis kasih contoh untuk menghapus data di aplikasi telepon.

  • Buka Pengaturan > Aplikasi > Tab "Semua" > Nama Aplikasi > Hapus Data
  • Pilih Oke atau Yes
*Penting*

Dengan cara diatas semua data yang ada didalam aplikasi akan terhapus, ketika kalian menjalankannya otomatis data masih kosong seperti kalian baru saja menginstall aplikasi baru.

2. Hentikan Sinkron Otomatis Akun Google dengan Aplikasi


Cara kedua yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi sistem android telah berhenti dengan cara mematikan sinkronisasi aplikasi otomatis dengan akun Google kalian, berikut caranya:
  • Buka Pengaturan > Pengguna dan Akun *Pilih akun yang anda gunakan jika terdapat lebih dari 1 akun.
  • Pilih Sinkronisasi Akun.
  • Nonaktifkan sinkron otomatis dari aplikasi yang kalian pilih

*Penting*

Dengan menonaktifkan sinkron otomatis ini, berarti kalian menghentikan aplikasi untuk memperbarui data secara realtime.

Baca juga:
Cara Mengetahui HP Android Disadap dan Cara Menghentikan Penyadapan
Perbedaan Fastboot ROM dan Recovery ROM di Android 
Cara Mengatasi Hp Xiaomi Cepat Panas Saat Main Game | Androidepic.com 

3. Factory Reset Untuk Atasi Android Suka Berhenti

Factory Reset Untuk Atasi Android Suka Berhenti

Sebelum kalian melakukan Factory Reset, kalian harus faham nih guys, apa itu factory reset. Jadi yang dimaksud dengan Factory Reset adalah menghapus seluruh data yang ada di hp kalian guys. 

Untuk itu perlu bagi kalian yang hendak melakukan factory reset, pindahkan data-data penting kalian ke komputer ataupun kartu SD kecuali file yang ada dan masih bnggung caranya, berikut kami ulas lengkap:

Buka aplikasi Pengaturan > Buat Cadangan dan Setel Ulang > Pilih menu Kembalikan ke Pengaturan Pabrik > Hp kalian akan diminta untuk Me-Restart, pilih Ok atau Yes.

Cara ketiga ini adalah cara terakhir untuk kalian coba, jika masih belum bisa dan pesan error masih saja tetap muncul.

Dengan menggunakan 3 cara diatas tidak ada jaminan sistem akan berhasil sempurna, sebab kalian juga harus memahami penyebab android error.

Terima kasih.