Cara Membuat Aplikasi Android Sederhana di Android Studio

Bagaimana cara membuat aplikasi android menghitung volume sederhana di laptop dengan android studio menggunakan java atau kotlin.
Cara Membuat Aplikasi Android Sederhana di Android Studio

Cara Membuat Aplikasi Android Sederhana di Android Studio - Bagaimana cara membuat aplikasi android menghitung volume sederhana di laptop dengan android studio menggunakan java atau kotlin.

Selamat datang kembali di seri belajar coding android pemula, pada bab ini kita akan memulai membuat aplikasi sederhana.

Admin asumsikan jika kalian semua sudah mempersiapkan laptop/pc yang sudah terinstall aplikasi android studio, jika kalian belum install bisa membaca panduan Belajar Menggunakan Android Studio Untuk Pemula.

Belajar pemrograman apapun paling enak jika kita memiliki studi kasusnya secara langsung. Nah pada artikel ini kita akan membuat aplikasi android sederhana untuk menghitung volume balok yang pernah admin pelajari di dicoding.com.

Untuk gambaran aplikasinya seperti ini:

Aplikasi Android Hitung Volume Balok
Aplikasi Android Hitung Volume Balok


Memahami Logika Dasar Menghitung Volume Balok


Inputkan nilai panjang, lebar dan tinggi dengan rumus hitung volume, ketika tombol hitung di klik maka nilai volume balok akan muncul.

1. Create New Project Android
Buka aplikasi Android Studio dan pilih "Start a new Android Studio Project".

Pilih jenis project "Empty Activity" karena nanti kita membuat layout sendiri menyesuaikan kebutuhan aplikasi, lalu Next untuk melanjutkan.

Masukkan nama aplikasi pada kolom "Name", lalu Package Name.

"Package Name" adalah nama paket untuk aplikasi android yang berguna sebagai identitas unik yang dibuat khusus untuk kebutuhan upload di Store App.

"Save Location" adalah tempat anda untuk menyimpan proyek ini.

"Language" adalah pilihan bahasa yang akan digunakan untuk membangun aplikasi android, tersedia pilihan Kotlin dan Java, Finish untuk masuk ke tahap ngoding.

2. Ngoding Layout Sebagai UI dan Activity Sebagai Logic

Karena ini tahap belajar sebaiknya kita lakukan sedikit demi sedikit sekaligus belajar alur membuat aplikasi di Android Studio.

Jangan pernah gunakan fitur copy-paste, karena akan merugikan anda dalam proses belajar pemrograman. Manfaatkan fitur code completion dari android studio untuk meminimalisir salah pengetikan.

Ngoding Layout untuk UI Android


Buka jendela kerja "res/layout/activity_main.xml" pada file activity_main.xml ini kita akan membuat layout aplikasi. masukkan kode berikut untuk layout aplikasi hitung volume:


pada bagian android:text akan muncul tanda peringatan error, ini karena ketika membuat layout kita melakukannya dengan menulis baris-baris kode xml. Klik pada bagian berwarna kuning, akan muncul dialog "extract string resource", lalu klik ok.

Dengan memanfaatkan fungsi extract string resource ini akan otomatis membuatkan nilai dari android:text kedalam file string.xml yang terletak didalam folder res/values/string.xml.

Setelah kalian memperbaiki semua tand error berwarna kuning, maka kode activity_main.xml akan berubah menjadi seperti ini:



Hasil dari layout activity_main.xml tersebut akan menampilkan layout aplikasi seperti ini:

cara membuat aplikasi android studio sederhana di android studio studi kasus menghitung volume balok
layout activity_main.xml

Ngoding Logic Untuk Menghitung Volume Balok


Setelah selesai semuanya dan tampilan aplikasi sudah sesuai dengan gambar yang admin sertakan diatas, tahapan selanjutnya yakni kalian mulai mengetik kode logika pada MainActivity.

Untuk mempersingkat artikel dan mempermudah kalian belajar membuat aplikasi android menghitung volume balok ini kalian dapat download source code aplikasi android sederhana langsung.

Untuk menjalankan aplikasi android yang sudah kalian buat dapat mempelajarinya pada bab Emulator Android Paling Ringan Untuk Android Studio.
LihatTutupKomentar