-->

Belajar Java Android Fundamental Untuk Pemula

Belajar Java Android Fundamental Untuk Pemula - Tutorial belajar pemrograman java dari pemula hingga mahir untuk membuat aplikasi android menggunakan java di Android Studio. Berikut ini Tutorial Lengkap Belajar Android Studio untuk membuat aplikasi android.

Selamat datang kembali di androidepic.com situs belajar android, download aplikasi dan game android. Nah untuk melanjutkan seri belajar coding android pemula, kali ini admin akan membahas cara membuat aplikasi android menggunakan bahasa pemrograman java di android studio.

Sebelumnya admin perlu ingatkan jika kalian sedang membaca artikel ini untuk tujuan belajar membuat aplikasi android menggunakan Android Studio, sebaiknya anda memulainya dari dasar karena admin menyusun artikel belajar membuat aplikasi android secara berurutan.

  1. Apa itu Android Studio, IDE Wajib Bagi Developer Android
  2. Belajar Menggunakan Android Studio Untuk Pemula
  3. Emulator Android Paling Ringan Untuk Android Studio 

Dasar-dasar Aplikasi Android

Tutorial belajar pemrograman java dari pemula hingga mahir untuk membuat aplikasi android menggunakan java di Android Studio
Belajar Java Android Fundamental Untuk Pemula


Untuk membuat aplikasi android dapat menggunakan beberapa bahasa pemrograman seperti Java, C++ dan yang terbaru menggunakan Kotlin. Dengan bantuan Android SDK seluruh code dan resource akan di kompilasi kedalam satu paket android yang biasa kita kenal dengan file .apk.

Nah didalam pembahasan ini kita akan mempelajari komponen dasar dari sebuah aplikasi Android. Beberapa komponen tersebut yakni sebagai berikut:
  1. Activity
  2. Intent
  3. Fragment
  4. Thread
  5. Service
  6. Receiver
Dari enam komponen tersebut memiliki tujuan yang berbeda-beda dan memiliki siklus alur yang berbeda pula, berikut ini penjelasan setiap jenis komponen aplikasi.

1. Activity

Activity adalah satu komponen yang berinteraksi dengan pengguna, didalam komponen inilah yang mewakili satu layar dengan antarmuka pengguna.

Sebagai contoh, aplikasi sosial media memiliki satu aktivitas yang menunjukkan daftar teman, aktivitas lainnya seperti menulis pesan untuk teman dan juga aktivitas lainnya yang berinteraksi dengan pengguna.

Setiap activity memiliki alur proses yang baku mulai dari OnCreate hingg OnDestroy, untuk memperjelas alur dari activity ini perhatikan gambar berikut:

Activity adalah satu komponen yang berinteraksi dengan pengguna, didalam komponen inilah yang mewakili satu layar dengan antarmuka pengguna.
Activity Android

Untuk pembahasan detail dari Activity akan kita bahas terpisah kalian bisa membacanya pada bagian Memahami Activity dan Lifecycle di Android Studio.

2. Intent

Intent merupakan kelas pada pemrograman Android yang berfungsi untuk perpindahan halaman. Didalam sebuah aplikasi android komunikasi antar komponen sangat sering terjadi, nah dengan adanya intent ini berkomunikasi antar activity dapat dilakukan.

Seperti halnya mengirimkan pesan ke brodcast receiver dan memanggil fungsi activity lain. Untuk lebih mudah memahami intent ini perlu diketahui jika intent terbagi kedalam dua model yakni:


  • Explicit Intent : Berfungsi untuk mengaktifkan atau memanggil komponen-komponen dalam satu aplikasi yang sama, seperti halnya kita berpindah activity.
  • Implicit Intent : Untuk intent yang satu ini berfungsi untuk memanggil activity yang sudah ada didalam fungsi internal android, untuk contoh mudahnya seperti open browser, bagikan, open with sosial media.


3. Fragment

Fragment adalah sebuah resuable class yang mengimplementasi beberapa fitur sebuah Activity, fragment harus berada didalam sebuah activity sehingga sebuah fragment tidak dapat berjalan sendiri tanpa adanya activity tempat mereka berada.

Berikut ini beberapa hal yang mempermudah kalian untuk memahami apa itu fragment didalam Android:
  • Sebuah Fragment merupakan kombinasi sebuah layout XML dak kelas java yang mirip dengan sebuah Activity.
  • Dengan menggunakan support library, fragment dapat mendukung hampir seluruh versi Android.
  • Sebuah Fragment dapat dijalankan berulang kali didalam sebuah activity.
  • Didalam Fragment yang utuh memiliki view, event dan logic.

4. Thread

Thread adalah struktur pengendali program yang mana dapat berjalan dibalik background sehingga tidak mengganggu proses rendering di layar, dan cara kerja thread sendiri seperti listener.

Seluruh proses yang ada didalam aplikasi android terkumpul menjadi satu kedalam sebuah thread. Jadi secara umum proses yang ditampilkan pada layar merupakan proses yang ada didalam sebuah main thread.

5. Service

Apa itu Service pada Android? Service adalah komponen aplikasi yang menjalankan perintah tertentu yang berjalan lama atau membutuhkan komputasi intensif pada aplikasi Android.

Untuk lebih jauh memahami sebuah Service di Android, ada dua macam service pada android yang perlu kalian ketahui diantaranya berikut ini:

  • Started
Apa itu started di Android? Started adalah komponen aplikas yang dimulai atau dipanggil dengan fungsi startService(). Service ini berjalan terus selama belum ada perintah untuk berhenti atau selesai dijalankan. Service ini juga berfungsi sebagai komponen yang melakukan proses dan tidak memberikan nilai balik ke komponen yang memanggilnya.

  • Bound
Apa itu Bound di Android? Bound adalah jenis service yang dijalankan oleh komponen lain, namun saling berkaitan antar satu sama lain. Hubungan tersebut ibaratnya seperti interaksi antar client dan server, yang mana dapat saling menerima sebuah response dan menerima request yang ada.

6. Receiver

Apa itu receiver? secara umum untuk memudahkan memahami sebuah receiver di android adalah ketika terjadi sebuah event yang di panggil maka komponen lain yang sudah terdaftar untuk menanggapi response dari request event untuk menjalan perintah-perintah tertentu.

Misalnya, sistem Android mengirimkan siaran saat terjadi berbagai peristiwa didalam sistem, atau seperti ketika sistem melakukan booting atau perangkat memulai pengisian daya.

Secara umum Receiver digunakan sebagai sistem messaging di seluruh aplikasi dan diluar alur penggunaan normal. Namun anda perlu berhati-hati agar tidak menjalankan receiver terlalu banyak di latar belakang karena dapat menyebabkan performa dari android menjadi lambat.

Beberpa poin-poin pembahasan diatas hanyalan pengenalan dasar dari tipe komponen di dalam Android, sangat penting untuk memahami komponen-komponen dasar Android ini. Untuk lebih memperjelas tipe komponen di android ini admin sertakan video berikut:


Tahapan belajar android masih sangat panjang karena admin mengulasnya dari hal dasar ke pembahasan yang lebih expert, untuk tahap selanjutnya kita akan belajar Memahami Activity dan Lifecycle di Android Studio.
LihatTutupKomentar