Cara Pindah WhatsApp ke Hp Baru: Cadangkan & Pulihkan Disini

Cara Klaim Token Listrik Gratis PLN via Whatsapp Terbaru

Cara Klaim Token Listrik Gratis PLN via Whatsapp Terbaru - Link kompensasi pln token listrik gratis, bisa diakses via whatsapp dengan cara mengetik "Listrik Gratis". Masukkan nomor meter listrik, Token listrik gratis akan muncul.

Memasuki periode ketiga di bulan Juni 2020,  Dengan inilah cara mendapatkan token listrik gratis di www.pln.co.id atau melalui Whatsapp PLN 08122123123. Selain PLN gratis pemerintah juga memberikan bantuan melalui dinas sosial yang dapat anda cek melalui Cara Cek Bantuan Bansos Covid-19 Terbaru.

 Link kompensasi pln token listrik gratis, bisa diakses via whatsapp dengan cara mengetik "Listrik Gratis". Masukkan nomor meter listrik, Token listrik gratis akan muncul.
Cara Klaim Token Listrik Gratis PLN via Whatsapp Terbaru

Klaim token listrik gratisn dan diskon 50% dari PLN untuk periode ini, token gratis tersebut diberikan kepada pengguna dengan pengguna listrik 450 VA dan 900 VA pascabayar.

Listrik gratis dibulan Juni ini menjadi periode ketiga sejak pemerintah menerapkan kebijakan diskon listrik untuk masyarakat menengah kebawah akibat dari pandemi virus corona atau COVID-19 saat ini.

Seperti yang diketahui, bantuan listrik gratis ini diberikan sebagaimana yang sudah diatur dalam Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 1 tahun 2020 mengenai golongan yang mendapat kebijakan listrik gratis dari PLN seperti yang dikutip resmi dari akun instagram @PLN_ID.

4 Golongan yang Mendapatkan Kompensasi PLN



  1. Pelanggan dengan daya 450 VA digratiskan selama 3 bulan, terhitung April – Juni diperpanjang hingga September
  2. Pelanggan dengan daya 900 VA Subsidi diberikan diskon 50 Persen selama 3 bulan, terhitung April – Juni diperpanjang hingga September.
  3. Pelanggan B1 450 VA digratiskan selama 6 bulan, terhitung Mei – Oktober.
  4. Pelanggan I1 450 VA digratiskan selama 6 bulan, terhitung Mei – Oktober.


Namun tepat perlu anda perhatikan apakah anda termasuk dari 4 golongan diatas. selain itu juga anda perlu mengetahui cara membedakan pelanggan Subsidi dan Non Subsidi.

R1/900 VA Subsidi:



  1. Cek struk pembayaran sebelumnya.
  2. Lihat pada kolom tarif atau daya.
  3. Jika tertera R1, maka pelanggan berhak mendapat keringanan.


R1/900 VA Non Subsidi:



  1. Cek struk pembayaran sebelumnya.
  2. Lihat pada kolom tarif atau daya.
  3. Jika tertera R1M, maka pelanggan tidak mendapat keringanan.


Pelayanan PLN 123 dapat diakses dari berbagai metode, mulai dari telfon, sms, dan media sosial atau dapat melalui aplikasi resmi dari PLN yakni PLN Mobile.

Apa itu PLN Mobile


PLN Mobile merupakan sinergi layanan PLN kepada pelanggan setelah sebelumnya memanfaatkan Contact Center 123, Facebook, Twitter dan Web PLN.

Melalui aplikasi PLN Mobile, pelanggan dapat mengetahui berbagai info mulai dari tagihan rekening listrik, transaksi Token, riwayat pemakaian kwh listrik, lokasi pembayaran melalui banking terdekat serta info status/progres permohonan dan pengaduan. Selain itu, aplikasi ini juga memberikan informasi kepada pelanggan terkait status-status pekerjaan PT PLN (Persero).


PLN Mobile menjanjikan pelanggan mendapatkan informasi cepat, tepat dan akurat. Nah untuk mendapatkan token listrik gratis sesuai pembahasan kita, berikut ini tutorialnya yang dapat anda coba.

Cara Dapat Token Listrik Gratis dari PLN Lewat WhatsApp


Androidepi.com akan mencoba memberikan petunjuk cara mendapatkan token listrik via Whatsapp dan www.pln.co.id, sangat mudah dan cepat sekali.


  1. Adapun cara yang bisa dilakukan masyarakat untuk mendapat voucer dan token listrik gratis ini adalah dengan melalui web dan bisa melalui WhatsApp PLN. Berikut cara dapat token listrik gratis: 
  2. Cara dapat token listrik gratis melalui situs resmi PLN 
  3. Buka alamat website www.pln.co.id lalu masuk ke menu pelanggan. 
  4. Masuk ke pilihan 'stimulus covid-19'. 
  5. Masukkan ID Pelanggan atau Nomor Meter, lalu token gratis akan muncul di layar. 
  6. Masukkan token gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID pelanggan. 


Cara dapat token listrik gratis melalui WhatsApp PLN 



  1. Buka Aplikasi WhatsApp 
  2. Kirim pesan WhatsApp ke nomor 08122-123-123 
  3. Ikuti petunjuk yang diberikan, termasuk memasukkan ID pelanggan. 
  4. Token gratis akan muncul 
  5. Masukkan token gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID pelanggan.


Itulah tadi pembahasan mengenai Cara Klaim Token Listrik Gratis via Whatsapp Terbaru yang dapat admin ulas untuk anda. Sebelumnya diberitakan bahwa pemerintah melalui PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Persero membebaskan biaya listrik pelanggan dengan daya 450 Volt Ampere (VA), sebagai kompensasi wabah virus corona Covid-19.