Cara Pindah WhatsApp ke Hp Baru: Cadangkan & Pulihkan Disini

Download Aplikasi Classroom Kelas Online di Android

Download Aplikasi Classroom Kelas Online di Android - Google Classroom menjadi satu layanan yang saat ini banyak digunakan oleh guru untuk mengajarkan muridnya secara daring dari rumah dengan koneksi internet.

Download Aplikasi Classroom Kelas Online di Android - androidepic.com
Download Aplikasi Classroom Kelas Online di Android - androidepic.com

Layanan edukasi yang dikembangkan oleh google pada 2014 ini menyediakan banyak fitur untuk perlengkapan yang bisa digunakan untuk menggelar proses belajar mengajar yang efektif di situasi merebaknya COVID-19 dengan phisycal distance seperti saat ini.

Classroom adalah layanan gratis untuk sekolah, lembaga non-profit dan semura orang yang memiliki akun Google pribadi (G-Suite). Classroom memudahkan pelajar dan guru untuk tetap terhubung didalam atau diluar sekolah. Kelas menghemat waktu dan peralatan tulis menulis serta memudahkan dalam mengajarkan pelajar, memberikan tugas, berkomunikasi dan menjadikan semuanya mudah dikelola.

Fitur Google Classroom di Android


Ada banyak keuntungan dengan menggunakan Classroom:


  1. Dapat disiapkan dengan mudah – Pengajar dapat menambahkan siswa secara langsung atau dengan membagikan kode di kelasnya untuk bergabung. Penyiapan hanya perlu waktu beberapa menit.
  2. Menghemat waktu – Alur kerja tugas yang mudah dan tidak menggunakan kertas memungkinkan pengajar untuk membuat, meninjau, dan menilai tugas dengan cepat, semuanya di 1 tempat.
  3. Meningkatkan pengelolaan – Siswa dapat melihat semua tugasnya di 1 halaman tugas, dan semua materi kelas (seperti dokumen, foto, dan video) otomatis dimasukkan ke dalam folder di Google Drive.
  4. Menyempurnakan komunikasi – Kelas memungkinkan pengajar untuk mengirimkan pengumuman dan memulai diskusi kelas dengan cepat. Siswa dapat berbagi materi satu sama lain atau menjawab pertanyaan melalui sarana diskusi ini.
  5. Aman dan terjangkau – Sama seperti layanan G Suite untuk Pendidikan lainnya, Kelas tidak berisi iklan, tidak menggunakan konten Anda atau data siswa untuk tujuan iklan, dan tidak berbayar.


Cara Install Google Classroom di Laptop dan Android - Google classroom dapat di install di beberapa perangkat. berikut ini tutorial install google kelas di android dan laptop.

Install Classroom di Laptop


Untuk dapat menginstall Google Classroom dilaptop atau di pc sangat bisa dilakukan, sebagai guru dianjurkan menginstall di laptop atau pc karena dapat lebih leluasa untuk mengatur kelas.
  1. Kunjungi alamat link https://classroom.google.com/
  2. Login dengan akun google kalian, jika belum memiliki sebaiknya daftar akun google terlebih dahulu. Pastikan akun google kalian adalah G Suite for Education dengan akses premium untuk Google Classroom.
  3. Setelah berhasil login, maka Anda sudah bisa membuat kelas dan mulai mengundang murid untuk bergabung di kelas Anda.
  4. Selesai.

Install Aplikasi Classroom di Android

Jika Anda tidak memiliki akses untuk laptop dan pc Anda bisa membuat Kelas melalui perangkat android.

  1. Buka Google Play Store Anda.
  2. Cari aplikasi Google Classroom.
  3. Lalu Install, tunggu beberapa saat hingga proses download dan install selesai.
  4. Buka aplikasi Google Classroom di Android dan mulai membuat kelas dan mengundang murid Anda untuk bergabung di kelas.
  5. Selesai.
Demikian untuk postingan seputar download dan cara install google classroom di laptop atau di android. Untuk guru dan murid jika ingin mengunduh dan memulai kelas online dapat mengikuti tautan berikut.